Balai Adat


________________________________________
Bagi orang Minangkabau kata “balai” merupakan homonim yaitu kata yang mengandung arti lebih dari satu. Balai diartikan juga sebagai pasar. Sebagai contoh orang pergi ke balai artinya ke pasar. Tetapi yang kita maksud dengan balai disini, adalah balai adat tempat bersidangnya Penghulu-Penghulu atau pemangku adat untuk membicarakan urusan pemerintahan nagari, menyelesaikan dan menyidangkan perkara dll.
M. Rasyid Manggis Dt. Rajo Penghulu membedakan balai atas dua bahagian yaitu Medan Nan Bapaneh dan Medan Nan Balinduang. Dalam Medan Nan Bapaneh pengertian balai adalah suatu “Padang” atau tempat yang lapang dipelihara dengan baik. Sekelilingnya atau tempat tertentu diberi batu tempat duduk. Batu ini disusun sedemikian rupa sehingga memenuhi kebutuhan tempat sidang. Adakalanya pada masa dahulu ditanam pohon beringin agar tempat sidang itu menjadi sejuk. Dalam Medan Nan balinduang pengertian balai adalah sebuah bangunan khusus untuk rapat-rapat para penghulu dalam membicarakan berbagai masalah seperti dalam Medan Nan Bapaneh. Jadi pengertian “Medan” disini sama dengan “balai” yaitu suatu tempat untuk membicarakan masalah adat.
Mengenai Medan Nan Balinduang terdapat dua tipe yaitu tipe Koto Piliang dan Tipe Bodi Caniago. Tiap-tiap nagari bangunan Medan Nan Balinduang bentuk bangunannya sesuai dengan sistem adat yang dianutnya. Balai Adat Koto Piliang mempunyai anjung kiri kanan, sebagai petunjuk bahwa kedudukan penghulu dalam adat Koto Piliang tidak sama. Oleh karena itu dalam persidangan, penghulu duduk sesuai dengan kedudukannya dalam adat. Balai adat Koto Piliang putus ditengah-tengah atau disebut juga berlabuh gajah.
Pada balai adat yang berciri Bodi Caniago lantainya datar saja dari ujung ke ujung, karena pengertian semua penghulu dalam persidangan duduk sama rendah, tegak sama tinggi dan dengan pengertian tidak ada penghulu yang duduknya lebih tinggi dari yang lain. Baik balai adat Koto Piliang maupun Bodi Caniago tidak mempunyai daun pintu sehingga terbuka saja. Pengertiannya adalah tidak ada yang bersifat rahasia dalam persidangan yang diadakan, anak kemenakan bebas mendengar.
Sebagaimana diketahui balai adat dan mesjid merupakan syarat sebuah nagari pada masa dahulu, keduanya didirikan saling berdekatan yang terletak ditengah-tengah nagari. Hal ini sebagai perlamban bahwa adat dan syarak saling isi mengisi sebagaimana yang dikatakan adat bersendi syarak, syarak bersendi kitabullah. Betapa besarnya cita-cita orang Minangkabau pada masa dahulu untuk mewujudkan adat dan syarak selalu berdampingan dalam diri orang Minangkabau terlihat dari Talibun adatnya yang mengatakan :
Si muncak mati tarambau
Ka ladang mambaok ladiang
Luko pao kaduonyo
Adat jo Syarak di Minangkabau
Sarupo aue jo tabiang
Sanda basanda kaduonyo Si muncak mati terambau
Ke ladang membawa lading
Luka paha keduanya
Adat dengan Syarak di Minangkabau
Seperti aur dengan tebing
Sandar bersandar keduanya
Balai adat yang dikatakan Medan Nan Balinduang hanya ada sebuah ditiap nagari, lain halnya dengan Medan nan bapaneh. Balai adat atau balairung adalah lambang persatuan dan kesatuan serta musyawarah dan mufakat, sebagaimana dikatakan bulek aia ka pambuluah, bulek kato ka mufakat.
(Sumber : Sejarah dan Budaya Adat Minangkabau)

~ by Is Sikumbang on October 27, 2008.

2 Responses to “Balai Adat”

  1. […] Bagi orang Minangkabau kata “balai” merupakan homonim yaitu kata yang mengandung arti lebih dari satu. Balai diartikan juga sebagai pasar. Tetapi “balai” dapat juga diartikan balai adat tempat bersidangnya Penghulu-Penghulu. [referensi] […]

  2. salam,
    pak, saya masukkan informasi ini dalam minangpedia ya? cuma pembuka kalimat saja, reference saya pranala ke halaman ini.
    mohon tanggapannya jika tidak berkenan. ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: