Huruf Asli Minangkabau Raib

Aksara asli Minangkabau yang diduga sempat eksis pada masa lalu, tidak diketahui lagi keberadaannya pada saat ini. Hal itu disebabkan tidak adanya lagi naskah-naskah kuno yang tersisa dengan tulisan dalam aksara asli Minangkabau itu.

Dekan Fakultas Sastra Universitas Andalas Padang, Prof. Dr. Herwandi pada Minggu (5/9/2010) mengatakan persoalan yang dihadapi ialah ketiadaan bukti naskah yang ditulis dalam aksara asli Minangkabau itu.

Herwandi yang pernah melakukan penelitian soal goresan serupa tulisan di Batu Batulih Borobono yang terdapat di wilayah Dusun Talago, Taeh Bukik, Kabupaten Limapuluh Kota menjumpai keterkaitan goresan itu dengan naskah Tambo Rueh Buku yang disebutkan oleh Darwas Datuk Rajo Malano yang diduga ditulis dalam aksara asli Minangkabau.

Kepala Taman Budaya Provinsi Sumbar Asnam Rasyid , Minggu (5/9/2010) mengatakan selama ini yang cenderung diketahui masyarakat adalah aksara Arab gundul (tanpa tanda baca) dan huruf Sanskerta.

Herwandi menambahkan, studinya dilakukan dengan membandingkan goresan-goresan di Batu Batulih Borobono dengan model aksara asli Minangkabau yang pernah diungkapkan sebelumnya oleh Darwas Datuk Rajo Malano dan Zuber Usman.

Selain itu, ia lalu membandingkannya dengan aksara asli dari Kerinci, Jambi dan menjumpai semacam kemiripan serta keberlanjutan bentuk sekalipun secara metodologis tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya karena tidak ada naskah dalam aksara asli Minangkabau sebagai pembanding.

Sementara itu menurut Kepala Seksi Pemeliharaan, Perawatan, Penyajian Museum Adityawarman, Riza Mutia, terdapat dua jenis aksara asli Minangkabau yang dibedakan dari asal daerahnya.

Masing-masing adalah aksara Pariangan yang berasal dari daerah yang kini termasuk ke dalam wilayah Kota Padang panjang dan aksara Sulit Air yang kini masuk dalam kawasan Kabupaten Solok. Namun, kata Riza, upaya pencarian naskah dalam akasara asli Minangkabau itu ke tempat-tempat yang diduga sebagai tempat penyimpanannnya belum juga membuahkan hasil.

Kata Riza, aksara asli Minangkabau merupakan perpaduan antara huruf Sanskerta dan aksara Arab kuno. Aksara asli Minangkabau itu kemungkinan muncul di masa peralihan antara kekuasaan kerajaan bercorak Hindu-Budha di Minangkabau menjadi kerajaan Islam.

Notes :

Ilustrasi huruf-huruf asli Minangkabau.(sumber: TAMBO ALAM MINANGKABAU, H. Datoek Toeah)

Editor : dedy suwadha

Sumber : Kompas.com and copy from http://www.tribunnewsbatam.com/2010/09/05/huruf-asli-minangkabau-raib

~ by Is Sikumbang on December 4, 2010.

4 Responses to “Huruf Asli Minangkabau Raib”

  1. menurut pendapat saya, tidak lagi ditemukan naskah2 dengan tulisan asli Minangkabau tersebut dikarenakan sifat asli orang Minang yg Dinamis, dan terbuka terhadap perkembangan zaman. hal ini terlihat pada catatan sejarah awal abad pertengahan,ketika dunia arab membawa sebuah revolusi terhadap ilmu pengetahuan, sosial dan budaya. pada waktu itu orang2 arab telah menggunakan nol”0″ dan mengenal “KABATAKU” yang sangat menunjang perkembangan ilmu pengetahuan itu sendiri. jadi, agar orang minang bisa mengikuti perkembangan zaman dan ilmu pengetahuan mereka mulai mempelajari bahasa arab dan mulai menuangkan pemikiran dengan menggunakan aksara arab dan meninggalkan aksara asli mereka.

  2. Berdasarkan penemuan dan diskusi dengan masyarakat Pariangan serta peningalan yang ada didaerah pariangan, maka naskah asli minang kabau masih tersimpan di keluarga pariangan yang berupa HURUF PAKU yang merupakan Naskah ASLI HURUF Minangkabau yang perlu kita pahami dan pelajari kembali untuk mengali sejarah dan budaya Minangkabau.

  3. Berdasarkan perjalanan dan diskusi dengan masyarakat Pariangan Padang Panjang, Maka Naskah ASLI HURUF Minangkabau Masih ada tersimpan di Keluarga Masyarakat Pariangan yang Berupa ” HURUF PAKU ” yang merupakan naskah asli minangkabau.

  4. menurut yg prnah sya lht huruf asli minang ini hampir mirp dengan hruf batak kuno ( atau di kenal tulisan asli sisinga mangaraja 12 )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: